Adven 4 2016

Bacaan: Yesaya 7: 10-14;  Roma 1: 1-7; Matius 1: 18-24

1.Sesuatu yang benar-benar baru
Advent 4 adalah tentang kebaruan. Tentang Hal Baru. Sesuatu yang baru.
Allah bertindak, dan melakukan sesuatu yang benar-benar baru.
bacaan pertama dan Injil hari ini merujuk kebaruan itu. Dan mereka menyebutnya dengan istilah yg mengacu pada sesuatu yg menjadi inti dari iman kita - yakni hal Kelahiran mesias dari seorang Perawan.
Dalam kitab Yesaya, Raja Ahas ada dalam kesulitan besar. Israil dikepung dari segala penjuru.
Secara geopolitis Musuh yakni aram dan asyur telah mengepung dia, dan Tuhan ingin membantu israil keluar dari masalah tsb. Dia mengatakan, lewat utusannya yakni nabi yesaya "Mintalah suatu pertanda -. Tanda-tanda" mintalah isyarat, perlambang bahwa tuhan akan beserta.
Tetapi Ahas tidak benar-benar mempercayai Tuhan, jadi dia mengatakan "Saya tidak akan meminta! Aku tidak akan mencobai Tuhan! "Agak aneh memang karena Allah secara eksplisit mengatakan kepadanya untuk bertanya minta tanda. Tetapi Ahas tidak mau mengandalkan Tuhan. Ahas malah berpaling pada mesir. Dan akhirnya dikalahkan oleh musuh.
Oleh karena itu Allah mengambil/handle masalah ke tangannya sendiri. Dia mengilhami Yesaya dengan mengatakan: "Tuhan sendiri akan memberikan tanda ini: '. Allah beserta kita' /imanuel , seorang perawan akan mengandung, dan melahirkan seorang putra, dan akan menamakan Dia Imanuel, yang berarti Tuhan beserta kita"
Mengapa ini penting? Karena jika seorang perawan hamil berarti bahwa Allah telah melakukan sesuatu di luar hukum alam yg normal. Itu berarti bahwa ia akan melakukan sesuatu yang baru. Di luar hukum alam.
St Agustinus menulis bahwa Tuhan membuat dirinya debitur/piutang janji kepada kita, bukan karena dia telah menerima apa-apa dari kita tapi karena dia sendiri telah berjanji kepada kita begitu banyak. Dan dalam Injil, ia memenuhi janji yg dibuat untuk Ahas 600 tahun sebelumnya.
Dalam injil Malaikat/utusan tuhan mengatakan kpd yusup bahwa melalui Roh Kudus  Maria akan mengandung. "Dia akan melahirkan seorang anak laki, dan kamu harus menamai Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
Yesus lahir dari seorang perawan, dan itu berarti bahwa Allah telah melakukan sesuatu yang baru. Allah telah bertindak untuk menyelamatkan kita.
Anak ini benar-benar Allah dan benar-benar salah satu dari kita. Dia akan mati untuk menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita dan untuk memulihkan kita pada suatu persahabatan dengan Allah. Dia akan memberi kita harapan, damai, dan sukacita.
Allah telah melakukan sesuatu yang benar-benar baru. 
Allah telah melakukan sesuatu yang sama sekali baru, ia telah menjadi salah satu dari kita. Dia mati untuk kita dan dia bangkit dari antara orang mati untuk memberikan hidup yang kekal. Yesus hadir dalam hidup kita. Mari kita memutuskan untuk berbagi.

2.Ketaatan Iman
Jika Ahas menolak untuk meminta tanda dengan alasan yang sok agamis, tidak mau mencobai Tuhan. Berbeda dengan Yusup. Undangan allah lewat utusannya yakni nabi yesaya yg ditolak oleh Ahas sebaliknya Yusup menerima undangan dari Allah tsb.
Dalam bacaan surat Roma Paulus menggambarkan suatu kualitas kunci dari hati Kristen yang sehat . Ia menyebutnya sebagai " ketaatan iman ."
Jika Kristus adalah Tuhan , jika kita  pengikut-Nya , jika kita orang Kristen , maka kita akan percaya padanya dan menunjukkan ketegasan dari keyakinan bahwa kita akan  mentaati dia.
Dia adalah kami Raja;  kita mengikuti hukum-Nya.
Ini adalah apa yang yusup lakukan: segera setelah Tuhan menyampaikan kehendaknya lewat malaikat, yusup hanya Patuh .
Meski Tidak ada cara yang bisa dia pahami sepenuhnya apa yg menjadi sifat supernatural dari kehamilan Maria.
Malaikat itu tidak memberikan penjelasan yg teramat lengkap. Dia hanya mengatakan bahwa Allah berada di belakangnya, allah ada di balik peristiwa kehamilan itu , dan kemudian Allah mengatakan kepada Yusuf untuk membawa Maria ke rumahnya dan memberi nama anak itu  Yesus.
Yusup sebenarnya bisa menuntut sebuah penjelasan yang lebih rinci . Dia tahu bahwa gosip akan menyebar; reputasi dan nama baik keluarganya yang dipertaruhkan.
Tapi kekhawatiran duniawi itu memudar secepat yusup taat pada kehendak Allah dan menjadikannya  jelas.
yusup percaya pada Tuhan, dan ia memenuhi kehendak Allah. Itulah " ketaatan iman ."
Itulah cara kita dapat terus menanggapi undangan Tuhan dalam hidup kita - melalui mentaati kehendak-Nya,
Apapun yang Tuhan minta masing-masing dari kita hari ini, mari kita tidak meninggalkan perintahnya ini tanpa mengatakan ya, inggih kanthi gumolonging manah .
Mari kita  mempersiapkan Natal tahun ini  untuk menerima Kristus, dengan hati yg  hangat melalui ketaatan iman kita .

Aplikasi:
1.Membuat semua hal baru melalui cinta
Apa arti firman advent 4 ini?
Paulus menjelaskan dengan baik dalam bacaan Roma.
Dia menulis bahwa orang Kristen adalah seseorang yang " dipanggil menjadi milik Yesus Kristus " dan " dipanggil untuk menjadi kudus ."
Kristus datang pada hari Natal, tapi dia tidak datang secara pasif - dia datang untuk menyelamatkan kita, untuk memanggil kita keluar dari hidup egois kita dan menjadi berpusat pada Kristus yg hidup.
Itulah  artinya menjadi "milik Yesus Kristus" dan "menjadi kudus." Dan dari semua itulah kita dipanggil untuk melakukannya.

Mengenai soal Kebaruan yang dilakukan Allah, Bagaimana kita bisa bekerja sama dengan Allah dalam membawa kebaruan? Kita bisa bersama dengan Allah terus melakukan tindakan kebaruan. bisa melalui pembaruan cinta kita di rumah kita dan tempat kerja kita atau di masyarakat kita?
Sekarang giliran kita .
Kita tahu Kristus. ia emanuel.
Kita tahu makna sebenarnya dari Natal.
Tapi di sekitar kita ada orang-orang yang tidak mengenal Kristus. Sang emanuel.
Memang bila kita lihat rralita Kita tidak tahu ke mana harus berpaling. 
Hidup kita memang tidak dalam bentuk yang sempurna dengan cara apapun, tapi kita telah mendengar kehendak dan panggilan Kristus;
kita tahu  suara itu ;
kita telah ditetapkan pada jalan yang mengarah ke satu-satunya jalan yakni  pemenuhan kehendak Allah menjadi tersedia untuk manusia.
Langkah praktis?
Siapa orang yang paling mengganggu kita? Tuhan meminta kita untuk mencintai orang itu.
Cinta bukanlah perasaan spontan kita atau sesuatu yg berada di luar kendali kita. Tapi cinta adalah pilihan kemauan baik kita untuk orang lain.
Kita bisa berdoa untuk orang itu. Kita bisa mencoba untuk tersenyum pada orang itu. Kita bisa mendengarkan mereka. Atau yang lain. Baliho UKDW....ada poster mahasiswa berjilbab. Diminta untuk diturunkan. ....ada di tengah ketegangan keputusan....lalu ingat firman tuhan...jika ia meminta berjalan 1 mil...berjalanlah 2 mil...jika diminta jubahmu...berikan bajumu...Lakukan segala sesuatu dengan Cinta.
kuasa Allah, yang diberikan kepada kita akan memungkinkan kita untuk melakukan itu. Mari kita tulus meminta dia sekarang.  

2.Menjaga Janji kita kepada Allah
Allah adalah Bapa - Bapa yang sempurna dan bahwa kita selalu dapat  mengandalkan .
Bacaan Advent 4 mengingatkan kita hal itu. Ini adalah pemenuhan dari semua janjinya .
Oleh karena itu Pada saat ini hati kita harus  penuh rasa syukur. Ia Allah yg dapat diandalkan.
Dan apa cara terbaik untuk mengungkapkan rasa syukur itu?
Dengan mengikuti jejak Bapa kita. Dia telah membuat janji untuk kita , jadi mari kita memperbaharui komitmen kita untuk menjaga janji kita kepadanya .
Kita berjanji untuk menolak kejahatan, dosa, dan godaan setan.
Kita berjanji untuk meniru Kristus dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam mengikuti dua perintah terbesar mengasihi Allah dengan segenap hati dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri .
Dan kita berjanji untuk menempatkan  talenta yg diberikan Tuhan  untuk bekerja mendukung misi dan tugas Gereja .
Allah berharap kita akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi janji-janji ini -
Sebab kita tahu bahwa kita tidak dapat memenuhi janji-janji kita jika kita hanya bergantung pada  kekuatan manusia  belaka. Sebab kita tahu Tuhan bisa diandalkan penyertaannya. Berani hidup dalam penyertaan Tuhan. Amin.

Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009