Sambutan Sekber XII BMGJ Dalam Persidangan Sinode GITJ

Sambutan Sekber XII BMGJ
Dalam Persidangan Sinode GITJ
Bandungan, 23 April 2017.

Salam dalam kasih Kristus.
Sungguh merupakan kehormatan dan kebanggaan kami manakala kami menerima Undangan dari Panitia untuk ikut serta hadir dalam acara Persidangan Sinode GITJ saat ini. Kami mengucapkan banyak terimakasih atas undangan yang telah diberikan.
Pertama-tama perkenankan kami menyampaikan salam persahabatan dan kekeluargaan dari  Badan Musyawarah Gereja-gereja Jawa. Kiranya Persekutuan kita dalam wadah BMGJ semakin hari semakin erat terjalin.  Sehingga BMGJ menjadi persekutuan yang kuat karena kita bisa saling menguatkan satu dengan yang lain. Hal itu sesuai dengan Tema Sidang BMGJ XII di GITJ Sukodono Jepara yakni Patunggilan ingkang santosa lan murakabi.
Kami mewakili teman-teman Sekber mengucapkan banyak terimakasih kepada BPH GITJ dan Jemaat GITJ Sukodono yang telah menfasilitasi jalannya persidangan BMGJ yang ke XII. Berkat bantuan dan pertolongan yang telah diberikan, persidangan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan banyak keputusan yang berguna bagi pencapaian Visi dan Misi BMGJ.
Adapun hal-hal yang perlu kami haturkan di kesempatan yang baik dan mulia saat ini yakni:
1.Renstra dan Renop BMGJ
BMGJ sudah menghasilkan Renstra  kebersamaan. Renstra tersebut telah dibuat oleh Tim yang terdiri dari para pimpinan sinode anggota BMGJ.  Adapun rumusan Visi BMGJ periode 2015-2023:
 “Menjadi Persekutuan yang Kuat, Terbuka dan Bermakna bagi Dunia”
Dan Misi yang diemban yakni:
1.Mewujudkan kebersamaan yang saling menghargai dan saling menopang
2.Membuka diri dan bekerjasama dengan semua pihak guna terwujudnya tanda-tanda kerajaan Allah
3.Perperan secara aktif dalam mengatasi persoalan kemanusiaan yang ada 
Disamping Visi dan misi yang telah dirumuskan, Persidangan BMGJ XII juga sudah mengesahkan Rencana Operasional BMGJ 2017-2025.
Semoga dengan Renstra serta Renop di atas, perjalanan kebersamaan kita mendapatkan guide/pandu.
2.Expose BMGJ
Sekber masih menerima mandat agar keberadaan BMGJ semakin dikenal dan diketahui oleh setiap gereja lokal di lingkup 4 sinode anggota. Oleh karena itu kegiatan Tukar Mimbar dalam rangka HUT BMGJ akan tetap terus dilakukan pada minggu kedua bulan November.
Sekber juga akan kembali membuat kalender BMGJ yang harapannya dapat diterima oleh setiap gereja lokal di lingkungan sinode anggota. Pembuatan News letter atau Blog/Web BMGJ juga sedang kami kerjakan. Semuanya itu dengan harapan BMGJ semakin dikenal dan disayang oleh kita semua.
3.KPJ
KPJ sdh mulai beredar dan dipakai oleh gereja-gereja lokal dilingkup sinode anggota. Kami terus mendorong agar KPJ sudah mulai dipakai sebagai pengganti KPK versi Batik. Sehingga kebersamaan iman kita dalam wujud khasanah lagu ibadah berbahasa jawa kita diperkaya dengan adanya lagu-lagu baru yang termuat dalam KPJ.
Satu hal yang sudah diniatkan sejak Sidang BMGJ XI di Sinode GKJ bahwasanya keuntungan yang diperoleh lewat usaha penerbitan dan pencetakan dapat semakin mendayakan Sekber dalam melakukan tugas-tugasnya.
4.Perlunya sejarah bersama BMGJ.
 Sebagaimana dimandatkan dalam sidang BMGJ XII kemarin, ada kesadaran bersama untuk mulai memikirkan dan membuat sejarah bersama dari semua sinode anggota BMGJ. Hal ini untuk memberi nilai tambah atas kebersamaan kita dalam BMGJ. Sehingga kita tidak hanya menemukan kesamaan dalam hal konteks dan kultural jawa, akan tetapi juga menemukan benang merah bahwa kita satu sama lain sejarah DNA pada dasarnya adalah terhubung dan menjadi saudara sedarah.
5.Kegiatan tahun 2017
Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan di tahun 2017 ini adalah:
a.Pertemuan Pemuda Jawa.
b.Advokasi Hukum Gereja
c. Temu Raya Perempuan
d.Temu Raya Pemuda

Demikian beberapa info yang perlu kami sampaikan di kesempatan yang berbahagia ini. Semoga kita semua tetap diberi kemampuan untuk Memahyu Hayuning Bawana.
Selamat bersidang. Tuhan memberkati.


Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009