Bahan Pengayaan Pemimpin PA GKJ Salatiga 25 April 2013.

Bahan Pengayaan Pemimpin PA
GKJ Salatiga 25 April 2013.


Yesus berjanji untuk mengutus Roh Kudus kepada murid-murid-Nya(14:15-21)

14:15 
Sebuah paralel yg dekat dengan ayat ini dapat ditemukan dalam 1 Yohanes 5:3 - "Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya ...." Ayat ini memberikan transisi antara janji-janji Yesus mengenai doa para murid-Nya dalam ayat 13-14 dan janji mengenai Roh Kudus yang diperkenalkan dalam ayat 16. Ketaatan adalah bukti cinta sejati.

Beriman analog dengan jatuh cinta. Seseorang tidak bisa jatuh cinta secara abstrak. Cinta datang melalui perjumpaan dengan orang lain. Hal yang sama juga terjadi pada iman. Jika iman adalah hubungan dengan Kristus yang hidup dan Allah yang hidup yang mengutusnya, maka iman hanya dapat datang melalui perjumpaan dengan mereka. Dan Roh adalah yang membuat kehadirannya ini dikenal.

ayat 15 adalah pernyataan kondisional – (Jikalau) yang menjadi syarat beberapa peristiwa selanjutnya. 

Kasih
Kata kerja untuk "kasih" ( agapate ), menyiratkan tindakan terus-menerus mengasihi Yesus. Bagaimana kita menunjukkan kasih kita bagi Yesus? Dengan menuruti segala perintah-Nya. 

Segala perintah-Ku
Apa yang Yesus perintahkan?  (perhatikan bentuk jamak =segala perintah-Ku, juga dalam 14:21, 15:10)? Perintah-Nya (tunggal) adalah bahwa kita harus mengasihi satu sama lain (13:34; 15:12). 15:10 b menuntun kita untuk bertanya, "Apa perintah Bapa kepada Yesus?"

Empat kali Yohanes berbicara tentang perintah Yesus ( entole ) atau perintah ( entellomai ) yang datang dari Allah.
10:18 mengacu pada kuasa Yesus untuk menyerahkan hidup dan kekuasaannya untuk mengambilnya lagi. 
12:41 apa yang Yesus lakukan berasal dari perintah Bapa.
12:49 apa yang Yesus katakan berasal dari perintah Bapa.
12:50 perintah Bapa (tunggal) adalah hidup yang kekal - berhubungan dengan apa yang dikatakan Yesus sama seperti yang telah diberitahukan Bapa kepada-Nya.

Karena perintah-perintah Bapa Yesus terus terlibat dengan apa yang dia katakan dan lakukan, maka perintah-perintah Yesus mengacu pada semua yang Dia katakan dan lakukan. Kita tidak bisa hanya memilih satu atau dua ayat dan menyimpulkan bahwa mereka adalah perintah Yesus. Apa yang Yesus harapkan dari kita ini diungkapkan oleh apa yang Yesus lakukan.

Menuruti
Apa artinya "menjaga/menuruti" ( tereo ) perintah?
Definisi kata tereo
1. untuk mempertahankan tetap dalam tahanan, terus mengawasi, penjaga
2. menyebabkan keadaan, kondisi, atau kegiatan untuk kelanjutan, terus menerus, melestarikan
3. untuk bertahan dalam ketaatan, menjaga, mengamati, memenuhi, memperhatikan , dhi. hukum dan pengajaran

Definisi yang mudah kita pahami, bisa kita sejajarkan kata tereo dengan "yang kita sayangi" atau mungkin, "yang kita anggap penting". Sehingga bisa menjadi kalimat, "menganggap penting segala perintah," Kita tidak berpikir bahwa Yesus (atau Yohanes) hanya menyiratkan ketaatan buta terhadap apa yang Yesus katakan dan lakukan. Kita harus mempertimbangkan bahwa perbuatan dan kata-kata Yesus sangat penting. "Memegang wasiat" itu tradisi yang kita punyai. Menjaga memori tetap hidup dari semua yang Yesus lakukan dan katakan. Gagasan tentang "kenang-kenangan" atau “cindera mata”. Sesuatu yang kita terima yang kita sayangi dan kita ingin menampilkan dan menggunakannya sehingga orang lain tahu bahwa kita mengasihi orang yang telah memberi.
Mengasihi Yesus dan "memegang wasiat" apa yang Yesus katakan dan lakukan tidak dapat dipisahkan.  Keduanya tidak dapat dipisahkan.Keduanya merupakan bagian dari kehidupan kita dalam hubungan dengan Yesus.

14:16 
Parakletos/Penolong
Kata Yunani parakletos ada banyak kemungkinan terjemahan. Terjemahan tradisional mengikuti  J. Wycliffe diterjemahkan sebagai "Penghibur"  Salah satu saran yang lebih baik dibuat oleh EJ Goodspeed yang menyimpulkan bahwa kata itu berarti orang yang dipanggil untuk bantuan orang lain di pengadilan. Hal itu senada dengan arti harfiah dari kata kerja terkait ( parakaleo ) berarti " memanggil seseorang untuk datang ke sisi seseorang yg lain" - biasanyauntuk memberi bantuan kepada yg lain, kata benda mengambil makna hukum sebagai "pembantu di pengadilan". Oleh karena itu kini kita memiliki terjemahan seperti "konselor," "advokat," atau "orang yang berbicara untuk lain" serta jika diterjemahan secara umum "pembantu".

Kata ini muncul lima kali dalam PB. Hal ini digunakan dalam 1Yoh 2:1 merujuk kepada Yesus, dan empat kali di Yohanes dalam Pemberitahuan Terakhir (14:16, 26; 15:26; 16:7).

Jika Parakletos adalah "penolong di pengadilan," siapa penolong itu?  Parakletos datang untuk berbicara kepada kita bagi Yesus. Pada 14:26, akan mengajarkan kita segala sesuatu dan mengingatkan kita semua tentang apa yang telah Yesus katakan. Pada 15:26, ia akan bersaksi atas nama Yesus. Dia akan membantu menjaga hidup semua yang Yesus katakan dan lakukan.

Penolong yang lain
yang akan bersama mereka selamanya . Ini berarti bahwa penghibur sudah ada pada para murid, tampaknya yg terbaik untuk memahami ini sebagai referensi untuk Yesus sendiri , karena yang lain . paracletos datang ketika ia pergi. 1 Yohanes 2:1 menggambarkan Yesus sebagai penghibur dalam perannya sebagai pengantara di surga, di sini implikasinya adalah bahwa Yesus juga telah menjadi penghibur bagi para murid selama pelayanan-Nya di dunia. 

14:17 
Roh kebenaran
Di sini Yesus menggambarkan Parakletos sebagai "Roh Kebenaran". Karena menurut 16:13 itu adalah Roh yang mengungkapkan kebenaran kepada para murid setelah kepergian Yesus, yang terbaik adalah untuk melihat sebagai deskriptif dari karakteristik Roh: Roh yang memproduksi atau mengkomunikasikan kebenaran kepada para murid.

Apakah kebenaran yang dikomunikasikan Roh?  Dari Yohanes 16:8, disebutkan bahwa Roh akan memberitakan kebenaran tentang dosa, kebenaran, dan penghakiman.
Ia memproklamasikan kebenaran tentang kita - kita adalah orang berdosa. Kita tidak selalu ingin mendengar itu. 
Tentang dosa dan penghakiman.  Parakletos menghadapkan kita pada dosa-dosa kita dan penghakiman Allah terhadap orang berdosa. Seperti jaksa, Parakletos membuat dosa-dosa kita diketahui Tuhan, sang Hakim.
Roh juga menyatakan kebenaran tentang Yesus - Yesus datang untuk menyelamatkan orang berdosa!
Menggunakan gambar ruang sidang, Parakletos adalah pengacara pembela kita membela kita di hadapan Allah Hakim. Pertahanan - hukuman telah dibayar lunas oleh Yesus.

Mengapa mungkin dunia tidak dapat menerima Roh Kebenaran? Ia tidak ingin mendengar kebenaran tentang dirinya sendiri. Jika tidak akan yakin dosa, ia juga tidak membutuhkan Yesus. Jika tidak memiliki kebutuhan untuk Yesus, tidak perlu untuk melihat kedatangan-Nya. 
Bagaimana kita bisa tahu apakah kita memiliki Roh Kebenaran dalam diri kita?
Pertama-tama, kita mengklaim kebenaran baptisan - kita telah dilahirkan dari air dan Roh.
Kedua, jika kita mengakui diri sebagai orang berdosa dan jatuh di bawah penghakiman Allah - yang memberitahu kita bahwa kebenaran tentang diri kita sendiri? Ini adalah Roh Kebenaran dalam hidup kita. Ini adalah tugas Parakletos untuk menghukum kita dari dosa dan penghakiman.
Ketiga, jika kita mengakui dan percaya bahwa Yesus Kristus, Anak Allah, adalah penyelamat kita dan sahabat, siapa yang memberi pengampunan bagi kita - yang memberitahu kita bahwa kebenaran tentang Yesus? Ini adalah Roh Kebenaran dalam hidup kita. Ini adalah tugas Parakletos untuk meyakinkan kita tentang keselamatan kita dan kebenaran dalam Yesus.

14:18 
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai. 
Kata dalam bahasa Yunani adalah yatim piatu. Hal ini diterapkan kepada anak yang tidak punya orang tua, atau anak-anak yatim, atau salah satu yang berduka. Ide dasarnya adalah kesepian. Para murid bingung dan tertegun dengan kesedihan memikirkan kepergian Guru, tapi Ia meyakinkan mereka bahwa mereka tidak akan ditinggalkan sunyi. Dia akan datang lagi, tidak hanya sebagai Tuhan yang bangkit yang akan mengunjungi mereka untuk sementara waktu di bumi, tetapi ia akan datang untuk  "bersama selalu dengan mereka," sebagaimana dinyatakan di dalam hati mereka oleh Roh Kudus setelah diberikan. 

Datang kembali
Yesus telah berbicara dalam 14:3 tentang  pergi dan datang kembali kepada murid-muridnya. Ada dua referensi bahwa ini adalah tentang parousia dan penampilan pasca-kebangkitan Yesus kepada para murid. Kemungkinannya yang dimaksud adalah penampilan pasca-kebangkitan, karena Yesus berbicara tentang para murid "melihat" Dia dan setelah itu dunia tidak dapat "melihat" dia lagi sebagaimana disebut di ayat berikutnya.

Tapi banyak komentator telah menafsir ayat 18 sebagai referensi untuk kedatangan Roh , karena ini telah menjadi topik dari ayat sebelumnya. Namun, ayat 19 dan 20 tampaknya berisi referensi ke penampakan Yesus kepada para murid setelah kebangkitan-Nya. Mungkin juga bahwa Yohanes memberi makna ganda, sehingga benar bahwa Yesus 'kembali' kepada murid-muridnya di satu sisi karena ia menampakkan diri kepada mereka setelah kebangkitan-Nya, tetapi di sisi lain dia kembali pada murid melalui Roh Kudus yang mendiami mereka.

14:19
Hidup
Karena Yesus " hidup " setelah kematiannya, pengikutnya yakin bahwa mereka juga akan" hidup "dalam arti yang sama. Ini melibatkan kedua ( 1 ) pengalaman dari "hidup kekal" sudah dalam hidup ini (lih. 5:24) dan ( 2 ) pengalaman "hidup kekal" dalam kehidupan yang akan datang.

14:20 
Ini bisa menjadi referensi ke parousia . Namun pernyataan di 14:19, bahwa dunia tidak akan melihat Yesus, tidak cocok. Hal ini lebih baik untuk menunjuk pada penampilan pasca-kebangkitan Yesus kepada murid-murid-Nya.
Bandingkan pernyataan dalam Kisah Para Rasul 10:40-41 : "…dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi... "

14:21 
Ingatlah bahwa ini adalah dalam konteks kemuridan (atau apa yang kita sebut hubungan diperluas dengan Bapa dan Anak). Menjaga perintah-perintah Yesus tidak dibuat sebagai syarat keselamatan. Ketaatan hanyalah bukti cinta .

Apakah Anda pernah melihat Roh Kudus?  Serius!  Tidak, tentu saja tidak pernah. Gambaran terbaik yang kita dapatkan di dalam Alkitab adalah deskripsi dari lidah api (Kisah Para Rasul 2) atau angin bertiup bebas (Yohanes 3:6-8). Saya pikir itulah yang membuat berbicara tentang - Roh Kudus begitu sulit.Kita tidak tahu apa yang tampak seperti Roh.

Bacaan Yohanes yg telah kita kupas di atas menawarkan gambar yang cukup baik dari apa yang kita sebut Roh Kudus.
1: Roh Kudus seperti Advokat - orang yang berdiri untuk kita ketika kita membutuhkannya, orang yang berbicara atas nama kita, orang yang mengulurkan tangan pada kita, mengambil pada posisi kita, dan tidak akan meninggalkan kita saat kita  sedang jatuh.
2: Roh Kudus tampak seperti Yesus. Roh adalah "advokat lain" karena Yesus adalah yang pertama. Roh melanjutkan dengan mengatakan, akan tinggal bersama kita sama seperti Yesus Firman telah menjadi daging. Roh dikirim dalam nama Yesus dan mengingatkan kita apa yang diajarkan (14:25). Dalam cara yang sangat nyata, Roh mewakili kehadiran Yesus dan membantu untuk menjaga janji-Nya bahwa dia tidak akan meninggalkan kita yatim piatu dan akan datang kepada kita.





Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009