Bahan Pengayaan Pemimpin PA GKJ Salatiga 25 April 2013.
Bahan
Pengayaan Pemimpin PA
GKJ
Salatiga 25 April 2013.
Yesus berjanji untuk mengutus Roh Kudus kepada
murid-murid-Nya(14:15-21)
14:15
Sebuah
paralel yg dekat dengan ayat ini dapat ditemukan dalam 1 Yohanes
5:3 - "Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti
perintah-perintah-Nya ...." Ayat ini memberikan transisi antara
janji-janji Yesus mengenai doa para murid-Nya dalam ayat 13-14 dan janji mengenai
Roh Kudus yang diperkenalkan dalam ayat 16. Ketaatan adalah bukti
cinta sejati.
Beriman analog dengan jatuh cinta. Seseorang tidak bisa jatuh cinta
secara abstrak. Cinta datang
melalui perjumpaan dengan orang lain. Hal
yang sama juga terjadi pada iman. Jika
iman adalah hubungan dengan Kristus yang hidup dan Allah yang hidup yang
mengutusnya, maka iman hanya dapat datang melalui perjumpaan dengan mereka. Dan Roh adalah yang membuat
kehadirannya ini dikenal.
ayat 15 adalah pernyataan kondisional – (Jikalau) yang menjadi
syarat beberapa peristiwa selanjutnya.
Kasih
Kata
kerja untuk "kasih" ( agapate ),
menyiratkan tindakan terus-menerus mengasihi Yesus. Bagaimana kita menunjukkan
kasih kita bagi Yesus? Dengan menuruti segala perintah-Nya.
Segala perintah-Ku
Apa yang Yesus perintahkan? (perhatikan bentuk jamak =segala perintah-Ku,
juga dalam 14:21, 15:10)? Perintah-Nya (tunggal) adalah bahwa kita harus
mengasihi satu sama lain (13:34; 15:12). 15:10 b menuntun kita untuk
bertanya, "Apa perintah Bapa kepada Yesus?"
Empat kali Yohanes berbicara tentang perintah Yesus ( entole )
atau perintah ( entellomai ) yang datang dari Allah.
10:18 mengacu pada kuasa Yesus untuk menyerahkan hidup dan
kekuasaannya untuk mengambilnya lagi.
12:41 apa yang Yesus lakukan berasal dari perintah Bapa.
12:49 apa yang Yesus katakan berasal dari perintah Bapa.
12:50 perintah Bapa (tunggal) adalah hidup yang kekal -
berhubungan dengan apa yang dikatakan Yesus sama seperti yang telah
diberitahukan Bapa kepada-Nya.
Karena perintah-perintah Bapa Yesus terus terlibat dengan apa yang
dia katakan dan lakukan, maka perintah-perintah Yesus mengacu pada semua yang Dia
katakan dan lakukan. Kita tidak bisa hanya memilih satu atau dua ayat dan
menyimpulkan bahwa mereka adalah perintah Yesus. Apa yang Yesus harapkan
dari kita ini diungkapkan oleh apa yang Yesus lakukan.
Menuruti
Apa artinya "menjaga/menuruti" ( tereo )
perintah?
Definisi kata tereo
1. untuk
mempertahankan tetap dalam tahanan, terus mengawasi, penjaga
2. menyebabkan keadaan, kondisi, atau kegiatan untuk kelanjutan, terus menerus, melestarikan
2. menyebabkan keadaan, kondisi, atau kegiatan untuk kelanjutan, terus menerus, melestarikan
3. untuk
bertahan dalam ketaatan, menjaga, mengamati, memenuhi, memperhatikan ,
dhi. hukum dan pengajaran
Definisi yang mudah kita pahami, bisa kita sejajarkan kata tereo
dengan "yang kita sayangi" atau mungkin, "yang kita anggap
penting". Sehingga bisa menjadi kalimat, "menganggap penting
segala perintah," Kita tidak berpikir bahwa Yesus (atau Yohanes) hanya
menyiratkan ketaatan buta terhadap apa yang Yesus katakan dan lakukan. Kita
harus mempertimbangkan bahwa perbuatan dan kata-kata Yesus sangat
penting. "Memegang wasiat" itu tradisi yang kita punyai. Menjaga
memori tetap hidup dari semua yang Yesus lakukan dan katakan. Gagasan
tentang "kenang-kenangan" atau “cindera mata”. Sesuatu yang kita
terima yang kita sayangi dan kita ingin menampilkan dan menggunakannya sehingga
orang lain tahu bahwa kita mengasihi orang yang telah memberi.
Mengasihi Yesus dan "memegang wasiat" apa yang Yesus
katakan dan lakukan tidak dapat dipisahkan. Keduanya tidak dapat
dipisahkan.Keduanya merupakan bagian dari kehidupan kita dalam hubungan dengan
Yesus.
14:16
Parakletos/Penolong
Kata Yunani parakletos ada banyak kemungkinan
terjemahan.
Terjemahan tradisional mengikuti J.
Wycliffe diterjemahkan sebagai "Penghibur" Salah satu saran yang lebih baik dibuat oleh
EJ Goodspeed yang menyimpulkan bahwa kata itu berarti orang yang dipanggil
untuk bantuan orang lain di pengadilan. Hal itu
senada dengan arti harfiah dari kata kerja terkait ( parakaleo )
berarti " memanggil seseorang untuk datang ke sisi seseorang yg lain"
- biasanyauntuk memberi bantuan kepada yg lain, kata benda mengambil makna
hukum sebagai "pembantu di pengadilan". Oleh karena itu kini kita
memiliki terjemahan seperti "konselor," "advokat," atau
"orang yang berbicara untuk lain" serta jika diterjemahan secara umum
"pembantu".
Kata ini muncul lima kali dalam PB. Hal ini digunakan dalam
1Yoh 2:1 merujuk kepada Yesus, dan empat kali di Yohanes dalam Pemberitahuan
Terakhir (14:16, 26; 15:26; 16:7).
Jika Parakletos adalah "penolong di pengadilan," siapa
penolong itu? Parakletos datang untuk berbicara kepada kita bagi
Yesus. Pada 14:26, akan mengajarkan kita segala sesuatu dan mengingatkan
kita semua tentang apa yang telah Yesus katakan. Pada 15:26, ia akan
bersaksi atas nama Yesus. Dia akan membantu menjaga hidup semua yang Yesus
katakan dan lakukan.
Penolong yang lain
yang
akan bersama mereka selamanya . Ini berarti bahwa penghibur sudah ada
pada para murid, tampaknya yg terbaik untuk memahami ini sebagai referensi
untuk Yesus sendiri , karena yang lain . paracletos datang
ketika ia pergi. 1 Yohanes 2:1 menggambarkan Yesus sebagai penghibur
dalam perannya sebagai pengantara di surga, di sini implikasinya adalah bahwa
Yesus juga telah menjadi penghibur bagi para murid selama pelayanan-Nya di
dunia.
14:17
Roh kebenaran
Di
sini Yesus menggambarkan Parakletos sebagai "Roh Kebenaran". Karena menurut
16:13 itu adalah Roh yang mengungkapkan kebenaran kepada para murid
setelah kepergian Yesus, yang terbaik adalah untuk melihat
sebagai deskriptif dari karakteristik Roh: Roh yang memproduksi atau
mengkomunikasikan kebenaran kepada para murid.
Apakah kebenaran yang dikomunikasikan Roh? Dari Yohanes
16:8, disebutkan bahwa Roh akan memberitakan kebenaran tentang dosa, kebenaran,
dan penghakiman.
Ia memproklamasikan kebenaran tentang kita - kita adalah orang
berdosa. Kita tidak selalu ingin mendengar itu.
Tentang dosa dan penghakiman. Parakletos menghadapkan kita
pada dosa-dosa kita dan penghakiman Allah terhadap orang berdosa. Seperti
jaksa, Parakletos membuat dosa-dosa kita diketahui Tuhan, sang Hakim.
Roh juga menyatakan kebenaran tentang Yesus - Yesus datang untuk
menyelamatkan orang berdosa!
Menggunakan gambar ruang sidang, Parakletos adalah pengacara
pembela kita membela kita di hadapan Allah Hakim. Pertahanan - hukuman
telah dibayar lunas oleh Yesus.
Mengapa mungkin dunia tidak dapat menerima Roh Kebenaran? Ia
tidak ingin mendengar kebenaran tentang dirinya sendiri. Jika tidak akan
yakin dosa, ia juga tidak membutuhkan Yesus. Jika tidak memiliki kebutuhan
untuk Yesus, tidak perlu untuk melihat kedatangan-Nya.
Bagaimana kita bisa tahu apakah kita memiliki Roh Kebenaran dalam
diri kita?
Pertama-tama, kita mengklaim kebenaran baptisan - kita telah
dilahirkan dari air dan Roh.
Kedua, jika kita mengakui diri sebagai orang berdosa dan jatuh di
bawah penghakiman Allah - yang memberitahu kita bahwa kebenaran tentang diri
kita sendiri? Ini adalah Roh Kebenaran
dalam hidup kita. Ini adalah tugas Parakletos untuk menghukum kita
dari dosa dan penghakiman.
Ketiga, jika kita mengakui dan percaya bahwa Yesus Kristus, Anak
Allah, adalah penyelamat kita dan sahabat, siapa yang memberi pengampunan bagi
kita - yang memberitahu kita bahwa kebenaran tentang Yesus? Ini adalah Roh
Kebenaran dalam hidup kita. Ini adalah tugas Parakletos untuk meyakinkan
kita tentang keselamatan kita dan kebenaran dalam Yesus.
14:18
Aku
tidak akan meninggalkan kamu sebagai.
Kata dalam bahasa Yunani adalah yatim
piatu. Hal ini diterapkan
kepada anak yang tidak punya orang tua, atau anak-anak yatim, atau salah satu
yang berduka. Ide dasarnya adalah kesepian. Para
murid bingung dan tertegun dengan kesedihan memikirkan kepergian Guru, tapi Ia
meyakinkan mereka bahwa mereka tidak akan ditinggalkan sunyi. Dia akan
datang lagi, tidak hanya
sebagai Tuhan yang bangkit yang akan mengunjungi mereka untuk sementara waktu
di bumi, tetapi ia akan datang untuk "bersama selalu dengan mereka,"
sebagaimana dinyatakan di dalam hati mereka oleh Roh Kudus setelah diberikan.
Datang kembali
Yesus
telah berbicara dalam 14:3 tentang pergi
dan datang kembali kepada murid-muridnya. Ada dua referensi bahwa ini
adalah tentang parousia dan penampilan pasca-kebangkitan Yesus kepada para
murid. Kemungkinannya yang dimaksud adalah penampilan pasca-kebangkitan,
karena Yesus berbicara tentang para murid "melihat" Dia dan setelah
itu dunia tidak dapat "melihat" dia lagi sebagaimana disebut di ayat
berikutnya.
Tapi
banyak komentator telah menafsir ayat 18 sebagai referensi
untuk kedatangan Roh , karena ini telah menjadi topik dari ayat sebelumnya. Namun,
ayat 19 dan 20 tampaknya berisi referensi ke penampakan Yesus kepada para murid
setelah kebangkitan-Nya. Mungkin juga bahwa Yohanes memberi makna ganda,
sehingga benar bahwa Yesus 'kembali' kepada murid-muridnya di satu sisi karena
ia menampakkan diri kepada mereka setelah kebangkitan-Nya, tetapi di sisi lain
dia kembali pada murid melalui Roh Kudus yang mendiami mereka.
Hidup
Karena
Yesus " hidup " setelah kematiannya, pengikutnya yakin
bahwa mereka juga akan" hidup "dalam arti yang sama. Ini
melibatkan kedua ( 1 ) pengalaman dari "hidup kekal" sudah dalam
hidup ini (lih. 5:24) dan ( 2 ) pengalaman "hidup kekal"
dalam kehidupan yang akan datang.
14:20
Ini
bisa menjadi referensi ke parousia . Namun pernyataan di 14:19,
bahwa dunia tidak akan melihat Yesus, tidak cocok. Hal ini lebih baik
untuk menunjuk pada penampilan pasca-kebangkitan Yesus kepada murid-murid-Nya.
Bandingkan
pernyataan dalam Kisah Para Rasul 10:40-41 : "…dan Allah berkenan,
bahwa Ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada
saksi-saksi... "
14:21
Ingatlah
bahwa ini adalah dalam konteks kemuridan (atau apa yang kita
sebut hubungan diperluas dengan Bapa dan Anak). Menjaga perintah-perintah
Yesus tidak dibuat sebagai syarat keselamatan. Ketaatan hanyalah bukti
cinta .
Apakah Anda pernah melihat Roh Kudus? Serius! Tidak, tentu saja tidak pernah. Gambaran terbaik yang kita dapatkan di
dalam Alkitab adalah deskripsi dari lidah api (Kisah Para Rasul 2) atau angin
bertiup bebas (Yohanes 3:6-8). Saya
pikir itulah yang membuat berbicara tentang - Roh Kudus begitu sulit.Kita tidak
tahu apa yang tampak seperti Roh.
Bacaan Yohanes yg telah kita kupas di atas menawarkan gambar yang cukup
baik dari apa yang kita sebut Roh Kudus.
1: Roh Kudus seperti Advokat - orang yang berdiri untuk kita
ketika kita membutuhkannya, orang yang berbicara atas nama kita, orang yang
mengulurkan tangan pada kita, mengambil pada posisi kita, dan tidak akan
meninggalkan kita saat kita sedang jatuh.
2: Roh Kudus tampak seperti Yesus. Roh adalah "advokat lain"
karena Yesus adalah yang pertama. Roh melanjutkan dengan mengatakan, akan
tinggal bersama kita sama seperti Yesus Firman telah menjadi daging. Roh dikirim dalam nama Yesus dan
mengingatkan kita apa yang diajarkan (14:25). Dalam
cara yang sangat nyata, Roh mewakili kehadiran Yesus dan membantu untuk menjaga
janji-Nya bahwa dia tidak akan meninggalkan kita yatim piatu dan akan datang
kepada kita.