spiritualitas ikan bunthek

Daya mengembang dan racun sebagai bentuk defensif ikan Bunthek: Ini Bisa Bekerja untuk Ikan Tapi akan membunuh Efektivitas Pelayanan Anda

Ikan Bunthek, apakah anda pernah mendapatkannya saat memancing?
Ketika didekati oleh predator, ikan bunthek dapat mengembang menjadi beberapa kali ukuran normalnya. Ini adalah mekanisme pertahanan untuk membuatnya tetap aman.
Dalam 1 Korintus 8:1, Paulus memperingatkan sekelompok orang Kristen yang mengembangkan pengetahuan mereka. Hari ini, bukan hanya pengetahuan yang menyebabkan pendeta dapat membusungkan dada.  
Pendeta membusungkan dada ketika bicara tentang ukuran gereja, jumlah baptisan, kehebatan tim, model pelayanan yang telah dipilih, dan banyak daftar lain. Terlalu banyak dari kita seperti ikan bunthek, mengembang/membesar untuk menjaga diri kita aman, ketika pendeta lainnya mendekati.
Kami adalah pendeta ikan bunthek.
Media sosial adalah senjata pamungkas bagi seorang pendeta ikan bunthek.  
Kita membual di Twitter dan Facebook (tentu saja semua atas nama kegembiraan, visi atau Yesus). Kita membalas komen di facebook atau meretweet di tweeter. Dan setiap kali seseorang bergerak-kita membusungkan sedikit lebih.
Tapi kita mengiklankan diri tidak terbatas pada Twitter dan Facebook. Kita punya pertemuan yang memungkinkan kita untuk membusungkan dada secara pribadi.  
Hampir mustahil saat bertemu sesama pendeta tanpa bertanya berapa banyak buku-buku yang telah kita baca dan tempat yang sudah dikunjungi, tidak untuk saling menasehati, tetapi untuk menunjukkan seberapa sukses kita.
Dan biarkan metafora ini sedikit menggarami kita: Ikan bunthek sangat beracun.  
Hampir semua ikan bunthek mengandung bahan kimia yang disebut tetrodotoxin. Untuk manusia, tetrodotoxin adalah 1.200 kali lebih beracun dari sianida.
Jadi, bagaimana Anda melakukan de-bunthek? Berikut adalah beberapa saran yang jujur .
1. Bicara tentang perjuangan Anda, bukan hanya keberhasilan Anda.
Sangat mudah untuk berbicara tentang keberhasilan Anda, tetapi orang perlu mendengar tentang perjuangan Anda. 
Sekali saja, kita ingin melihat pendeta jujur ​​dalam tweet atau status facebooknya "Guy ... pelayanan hari ini tidak baik," atau "Baru saja selesai pertemuan diakon dan aku tidak yakin mereka semua orang Kristen,".
Pernyataan ini terdengar konyol karena kita tidak terbiasa mendengar semacam kejujuran. Kita terbiasa mendengar bagaimana luar biasa pelayanan ini atau betapa besar pertemuan tersebut atau bagaimana bergairahnya harus memberitakan. Tapi jauh di lubuk, kita semua tahu kau manusia.
John Maxwell mengatakan berbicara tentang keberhasilan Anda mengesankan orang, tapi berbicara tentang kegagalan Anda memberi dampak pada orang.
Ketika Anda berkhotbah tentang parenting, berbicaralah tentang saat Anda lepas kontrol  dan berteriak pada anak Anda. Ketika Anda berbicara tentang pengampunan, berbicara tentang waktu yang Anda butuhkan untuk meminta maaf.
Pendeta, kita perlu tahu Anda bukan super-Kristen, dengan akses khusus kepada Allah. Bagi perjuangan Anda, bukan hanya keberhasilan Anda.

2. Memiliki setidaknya satu teman sejati di mana Anda merasa tidak perlu untuk mengesankan.

Setiap pendeta membutuhkan setidaknya satu teman sejati yang tidak peduli tentang ukuran gerejanya.
Jenis hubungan di mana percakapan tidak menge-tweet atau instagrammed. Seseorang yang menyukai Anda apa adanya.
Mungkin persahabatan ini hanya mungkin dengan pendeta lain, tapi lebih besar kemungkinan akan dengan orang biasa (seolah-olah semua pendeta tidak orang-orang biasa). Ada sesuatu yang menyegarkan ketika kita bergaul dengan tanpa beban harus menjadi orang yang dikagumi atau terkenal. Tanpa harus membuat orang lain terkesan.
Jauh di lubuk, saya pikir semua pendeta ingin sahabat sejati. Bukan hanya pelatih. Bukan hanya konferensi. Aku sedang berbicara tentang seorang teman sejati yang tidak terkesan dengan siapa Anda atau apa yang Anda lakukan.

3. Mengontrol arus informasi.

Aku tidak tahu apakah itu benar-benar membantu, tapi saya sekarang dan kemudian merasa perlu untuk mereboot komputer saya. Aku merasa kecepatan mulai berkurang sehingga harus menutup program-program yang saya tidak benar-benar menggunakan.
Jadi ketika datang ke semangat Anda, mungkin reboot bisa membantu. Mungkin Anda bisa membersihkan batu tulis dalam beberapa hal kecil dan mulai dari awal.
Mematikan beberapa aliran informasi membantu saya reboot sistem saya. Saya pikir itu memungkinkan saya untuk "diam dan tahu bahwa Ia adalah Allah."

4. Bicara tentang orang lain.

Posting ini awalnya memiliki tiga saran, tapi saya kirim ke teman saya dan rekan kerja, Jake Dudly dan ada umpan balik yang meyakinkanku untuk menambahkan titik lain. Jake mengatakan, "pendeta perlu bicara tentang orang lain."
Saya tahu itu memang benar ketika saya sedang melayani sebagai pendeta senior. Dan itu masih berlaku saat ini.
Menunjuk orang untuk konten saya baik-baik saja, tetapi menggunakan platform saya untuk berbagi barang orang lain hanya sebagai bermanfaat.
Bagaimana jika saya sengaja bekerja lebih keras untuk mendapatkan sorotan dari saya dan bersinar itu pada orang lain? Bagaimana jika bukan tweeting keberhasilan saya sendiri, saya berbagi hal-hal seperti ...
"Bisakah Anda memeriksa blog teman saya? Dia menulis apa yang saya sudah berpikir. " 
Pernahkah Anda bersalah menjadi seorang pendeta ikan bunthek?  
Apa sajakah cara kita bisa mengatasi hal ini bersama-sama? 




Terjemahan bebas dari  Michael Lukaszewski 

Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009