Bahan PA IBU GKJ Ambarawa, 12 Juli 2013 ALLAH PEDULI DENGAN PERNIKAHAN ANDA

Bahan PA IBU
GKJ Ambarawa, 12 Juli 2013

ALLAH PEDULI DENGAN PERNIKAHAN ANDA
Ayat Nats: Yohanes 2:1-11.

Yesus sebelum masuk dalam pelayanan-Nya, DIA telah hadir ditengah-tengah pernikahan di Kana (Yoh.2:1-2).
Peristiwa ini telah menunjukkan bahwa Tuhan Yesus sangat peduli dan senang hadir di dalam setiap rumahtangga orang percaya.
Dan apabila Yesus hadir ditengah-tengah  rumahtangga anda, maka DIA siap untuk mengubah setiap krisis menjadi kelimpahan (Yoh.2:1-11).
Sebab Yesus amat mengasihi setiap pernikahan, sehingga walaupun ”waktunya belum tiba” (Yoh. 2:4b), DIA tetap bersedia menolong setiap krisis yang anda alami dalam rumahtangga anda secara ajaib (Yoh.2:7) dan mengubahnya menjadi kelimpahan (Yoh.2:10-11).

Jadi, mengapa anda tidak melibatkan Yesus dalam pernikahan anda?

1.          Libatkanlah DIA selalu dalam segala keputusan yang akan diambil dalam keluarga anda

2.          Allah yang menciptakan lembaga keluarga. Maka Allah juga yang akan memberkati dan mengaturnya (Kej 1:28; 2:24).

3.          Allah memberi mandat kuasa kepada keluarga melalui Adam (Kej.2:15)
Dan Perempuan diambil dari laki-2, karena itu isteri tunduk pada suami (Kej 2:22-23; 3:16).

4.         Yesus ADALAH MODEL BAGI SUAMI & ISTERI: Yakni dalam suami mengasihi isteri, seperti DIA mengasihi gereja-NYA dan dalam hal isteri tunduk pada suami seperti DIA tunduk kepada Bapa.

5.          Prioritaskan pernikahan Anda, yakni jadikan keluarga sebagai hal yang paling penting dalam hidupmu. Banyak pernikahan gagal, karena suami atau isteri telah menikah dengan pekerjaannya. Dan pekerjaan merupakan prioritas dalam hidup banyak orang di masa ini.

6.         Dua telah Menjadi SATU.

Bagaimana mewujudkan Dua menjadi Satu? Ikutilah saran ini:
a.Sharing:  suami isteri perlu berbagi dalam segala hal dan tidak ada rahasia di antara mereka, seperti ketika Adam dan Hawa di zaman dulu yang telanjang tetapi mereka tidak menjadi malu (Kej. 2:25)
b.Appreciate: suami isteri perlu saling menghargai dan menghormati satu terhadap yang lain. Khususnya suami yang ditetapkan menjadi kepala, perlu mengormati isterinya supaya doanya jangan terhalang (1Ptr.3:7)
c.Trust: suami isteri perlu saling percaya satu terhadap yang lain. Karena tanpa saling percaya, pernikahan akan menjadi seperti neraka.
d.Unity: dan akhirnya kesatuan akan tercapai bila suami isteri melakukan ketiga prinsip tersebut di atas.

7.          TEMUKAN SUKACITA DALAM PERNIKAHAN ANDA: Karena Pernikahan merupakan sarana yang Allah sediakan untuk MENGEKSPRESIKAN KASIH Anda.

8.          Pernikahan Anda adalah pelayanan utama Anda: Suami isteri perlu saling melayani satu terhadap yang lain, karena sifat kasih adalah memberi.

9.         Bisakah kita mengasihi pasangan hidup kita apa adanya? Seperti Tuhan mengasihi kita apa adanya? Kunci keberhasilan pernikahan sampai masa tua adalah mengasihi pasangan hidup anda apa adanya, yakni dengan segala kelemahan dan kekuatannya masing2.

10.        Handle With CARE! Tangani dengan Kepedulian!

Pertanyaan untuk Diskusi:
1.Apa pendapat saudara tentang 10 langkah melibatkan Yesus dalam Keluarga diatas?

2.Bagian mana dari 10 langkah yang sering tidak kita perhatikan?

Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009