adven 1 2013

1.Memperbarui Kewarganegaraan Kristen kita
Advent lain daripada yg lain?. Adakah?
Kenapa? Bukankah Gereja memimpin kita di sepanjang jalan yang sama setiap tahun, mengulangi yang sama musim, bahkan bacaan yg sama?
Apakah karena kurangnya kreativitas dan imajinasi?
·         Tidak, Gereja selalu diremajakan dan menjadi muda , dan tidak pernah kehabisan kreativitas.
·         Dalam setiap generasi dia memberikan dunia kudus yg baru, perintah agama yg baru, seniman dan aktifis baru.
·         Gereja memang pernah kuno , dan selalu memberi yg  baru .
·         Gereja adalah ibu yg penuh kasih dan  bijak , ibu  yang tahu anak-anaknya dengan baik , tulus menghormati mereka,
·         dan selalu memimpin mereka ke depan , tidak pernah mundur.
Apakah itu dari kejahatan ? Apakah Gereja ingin melahirkan/ membuat kita baru sampai mati?
·         Gereja mungkin sering menuntut , tetapi ketika dia menuntut, itu untuk kebaikan dan keuntungan kita, tidak untuk  kehancuran kita.

Jadi apa yang menjadi alasan untuk Advent yang lain daripada yg lain?
Kata Advent  berasal dari bahasa Latin "ad-venire", yang berarti datang ke, datang menuju.
Pada Masa Advent ini kita menyoroti tiga kedatangan Kristus :
·         yang pertama , 2013 tahun yang lalu;
·         yang terakhir , suatu saat nanti; akhir jaman kretika kristus datang keduakali sebagai ratu adil
·         dan berkelanjutan - Kristus konstan yang datang ke dalam hidup kita melalui kasih karunia-Nya, pemeliharaan-Nya, dan sakramen-Nya.

Kita sekarang hidup di zaman akhir dari sejarah manusia, dan masa ini akan  berakhir pada kedatangan Kristus yang kedua, dengan kehancuran dari kosmos seperti yang kita tahu, dan penciptaan baru langit dan bumi - dengan pembentukan penuh dari Kerajaan Kristus, sebagai Bacaan hari ini dijelaskan.

Kitai sudah menjadi warga Kerajaan itu, karena kita adalah anggota Gereja-Nya. 
Gereja memberi kita musim Adven untuk mengingatkan  dan memberikan kita kesempatan untuk memeriksa kualitas kewarganegaraan kita.


2.Kita Bukankah Mesin
Salah satu alasan kita kadang-kadang sulit untuk hidup dalam satu masa liturgi karena kita begitu terbiasa dengan kehidupan di  dunia yg serba buatan .
·         Kita dikelilingi oleh mesin . Dan mesin tidak mengikuti irama alami dari kehidupan .
·         Kita banyak  dikelilingi oleh mesin, bahwa kadang-kadang kita mulai mengharapkan kehidupan kita sendiri untuk berfungsi seperti mesin.
·         Kita  menyalakan lampu , dan kita mendapatkan cahaya. Kita memutar kunci kontak , dan motor/ mobil mulai hidup.
·         Jadi kadang kita mulai mengharapkan kehidupan rohani kita untuk bekerja seperti itu juga.
·         Kita berlutut untuk berdoa, dan saya harus merasakan kehadiran Allah segera .
·         Saya menerima Perjamuan Kudus, dan saya harus merasakan gelombang kekuatan  melalui pembuluh darah kita.

Tapi kita bukan mesin . Kehidupan rohani adalah kehidupan yg HIDUP . harus tumbuh dan berubah dan berkembang seiring musim.
·         Pohon mengalami musim yang sama tahun demi tahun, dan mereka tidak bosan , mereka tumbuh  terus menerus.
·         Setiap tahun pohon akan tampil sedikit berbeda .
·         Setiap tahun pohon akan memiliki daun yg lebih untuk mengumpulkan sinar matahari di musim panas (fotosintesis), setiap tahun pohon memiliki akar yg lebih untuk minum air dan nutrisi dalam musim hujan, dan setiap tahun akan ada banyak cabang yg akan berbuah di musim berbuah.

Ini adalah gambaran kehidupan/ sesuatu yg  hidup . 
·         Allah belum selesai dengan kita. Allah menciptakan manusia dengan tujuan supaya terus berkembang.
·         Setiap musim/masa dari tahun liturgi adalah salah satu cara-Nya/cara Allah untuk  membuat kita tumbuh/berkembang .
·         Masa/ musim liturgi memang tidak berubah, kebenaran iman kita tidak berubah, tapi Kita berubah, sehingga masa/musim harus mempengaruhi kita berbeda setiap tahun.

Spiritual kehidupan kita  diperkuat, dan dipelihara seperti kehidupan fisik kita.
·         Kita tidak makan makanan yg sama persis setiap harinya.
·         Kita selalu membutuhkan nasi/roti, air, sayuran, protein.
·         Kehidupan fisik kita membutuhkan nutrisi yang sama hari demi hari, tahun demi tahun.
·         Kehidupan rohani kita lakukan juga . Dan masa/musim liturgi memberikan makanan rohani kita berbeda setiap masanya.

3.Pelatih yang baik akan menekankan hal-hal yg Fundamental/dasar-dasar
Seorang pelatih yang baik akan selalu berusaha untuk memegangi hal-hal yg  fundamental/mendasar dari  dari olahraga.
Seorang pelatih yang baik akan memastikan para pemain tidak pernah melupakan dasar-dasar, memastikan para pemain terus berlatih hal-hal yg mendasar/fundamental.
Kehidupan spiritual seperti itu .
·         Tuhan ingin kita bertumbuh , mengalami kebijaksanaan , kebahagiaan , dan kesuksesan .
·         Dan untuk melakukannya, ia selalu membawa kita kembali ke dasar-dasar iman kita .

liturgi adalah seperti sebuah arena/gimnasium spiritual , di mana kita bisa selalu kembali ke latihan dan memperkuat kesadaran kita tentang kebenaran dasar seperti yg telah ditunjukkan Kristus  kepada kita.
Kebenaran ini adalah  bangunan kekudusan dan kebahagiaan .
Dalam Advent , kita fokus pada kebenaran kedatangan Kristus .
·         Di Bethlehem dua ribu tahun yang lalu ia lahir sekali , sehingga kita bisa dilahirkan dua kali .
·         Dalam setiap generasi Kristus terus-menerus sedang lahir melalui Alkitab dan roh Kudus serta sarana-sarana pemeliharaan iman , sehingga kita dapat memiliki kekuatan dan kasih karunia untuk menjadi orang Kristen dewasa .
·         Dan pada Jaman akhir Yesus akan melahirkan langit yang baru dan bumi yang baru , sehingga kita dapat hidup selamanya dengan dia,  abadi, melimpah dlm kebahagiaan.
Allah adalah pelatih kita , dan Advent adalah salah satu  kamp pelatihannya . Mari kita memberikan upaya yang baik .

4.Bahaya: Natal- Komersialisasi Rohani
Kita semua tahu bahwa Natal telah menjadi terlalu dikomersialkan dalam masyarakat kita. 
·         Bagi banyak orang, Natal telah kehilangan makna agamanya, karena natal lebih banyak berarti hadiah, pesta.
·         Bagi kita yang benar-benar percaya pada pesan sejati dari Natal, komersialisasi Natal akan banyak membuat kita frustasi. Kita yg saat ini  fokus berdoa tentang selama Advent, komersialisasi ini dapat menyebabkan kita fokus pada hal Adven .


Tetapi Komersialisasi Rohani  juga bisa menjadi peluang , kita dapat menggunakannya untuk keuntungan kita.
·         Sebab Komersialisasi selalu menfokuskan perhatian semua orang , paling tidak , pada hadiah dan kesenangan yang akan dinikmati pada Hari Natal.
·         Dengan kata lain, merangsang munculnya harapan alami .
·         Kita dapat menggunakan suasana dari harapan alami ("salam Natal") untuk membangkitkan dan memelihara hal-hal yg supranatural, yakni harapan Kristen kita ("Merry Christmas!"), yang merupakan bahan utama untuk kewarganegaraan dalam Kerajaan Kristus.

Sebagai orang Kristen, kita harus melihat ke depan untuk kedatangan Kristus yang kedua sebagai cara untuk dapat bersemangat seperti orang lain berharap untuk Hari Natal .
·         Advent dan Natal, pada kenyataannya, seperti ajang latihan untuk sejarah dan akhir sejarah, untuk kehidupan kita di bumi dan kehidupan kita di surga setelah kematian.
·         Pola  antisipasi yg penuh sukacita dan persiapan yg sibuk yang menandai komersial Natal, bisa kita pakai untuk  melayani kita dan  kita gunakan untuk meningkatkan rasa senang akan berupa antisipasi SPIRITUAL dan sibuk dalam hal SPIRITUAL, demi  persiapan  hati kita untuk menyongsong perjumpaan dengan Yesus Kristus .

Kalau dalam Perjamuan kudus saya mengatakan bahwa Roti dan anggur adalah Lambang dan tanda persekutuan kita dengan Kristus, maka kita percaya Allah dapat mengubah yg  materi dan duniawi (roti dan anggur) menjadi makanan spiritual kita.

Pada masa Advent ini, mari kita mengandalkan bantuan Tuhan, mari kita lakukan hal yang sama dengan materi dan komersialisasi duniawi yg ada di sekitar kita: bukannya mengeluhkan  tentang hal itu, tapi mari kita mengubah itu, mari kita menanamkan dengan makna spiritual .
5. Pengakuan kelemahan: cara untuk Mendapat Kasih Karunia
Allah memiliki sesuatu untuk dikatakan kepada kita masing-masing pada saat Advent ini, tetapi untuk mendengar itu, kita harus mendengarkan : kita harus mendengarkan .
Allah memiliki sesuatu yang ia ingin lakukan dalam setiap kehidupan kita pada masa Advent ini, tetapi dalam rangka itu , kita harus bersedia untuk membiarkan dia bekerja : kita juga harus bekerja dengan dia .
Tak satu pun dari kita adalah pengikut Kristus yg sempurna.
·         Kita tidak seorang pendengar yg sempurna - kita cenderung membiarkan diri terganggu atau tergoda oleh suara-suara lain yang lebih memanjakan diri.
·         Kita  tidak seorang rekan kerja Kristus yg sempurna- kita cenderung memilih cara mudah cara, hal-hal yg menyenangkan dari zona nyaman kita.

Mari kita belajar mendengar Kristus dan memperhatikan Kristus.
Cara Yang terbaik untuk menyegarkan upaya itu adalah membiarkan Roh Kudus membersihkan, memperkuat, dan memperbaharui pikiran dan hati kita dalam upaya pengakuan dosa kita .
·         Salah satu alasan kita menggunakan warna ungu selama musim Adven karena ungu adalah warna yang melambangkan pertobatan , dan Adven adalah waktu ketika kita semua perlu bertobat , untuk membuat awal yang segar .

Natal adalah saat sukacita - karena kedatangan Kristus (3 cara kedatangan-Nya) adalah alasan yg fundamental/mendasar untuk sukacita Kristen.
Pada masa Advent ini, mari kita membuat ruang dalam jiwa kita karena kegembiraan itu, mari kita mandi rahmat , mari kita memanfaatkan karunia pengakuan kelemahan .




6.Hidup di Bumi adalah Jalan, bukan Tujuan
Bacaan Injil dlm Matius merupakan percakapan panjang Yesus dengan murid yg memaparkan masa antara Kebangkitan dan Kedatangan kedua. Hal-hal yg akan terjadi terlihat seperti ini:
·         Dia telah menjelaskan kepada Rasul-Nya bahwa masa-masa Gereja akan ditandai oleh pertumbuhan yang indah dan juga penganiayaan yang menyakitkan .
·         Dia telah menjelaskan bahwa Yerusalem, pusat dari Perjanjian Lama, akan dihancurkan untuk membuat jalan definitif untuk Perjanjian baru.
·         Dia telah menjelaskan bahwa dunia itu sendiri pada akhirnya akan dihancurkan untuk membuat jalan bagi langit dan bumi yg baru.
·         Dan kemudian, dengan mengacu pada contoh Nuh , ia menjelaskan bahwa meskipun hal-hal ini pasti akan terjadi, para Rasul tidak bisa mengetahui kapan hal itu akan : ". kamu tidak akan mengetahui kapan harinya Tuhanmu datang"

Yesus berbicara tentang apa yang dia tahu - penjelasannya tidak teori belaka .
Dan ketika para Rasul mendengar dia, mereka mengakui  kebenaran apa yg dibicarakan.
Mengapa  Yesus mengatakan kepada mereka hal-hal ini? Mengapa Gereja mengingatkan kita tentang peristiwa ini  setiap tahun sebagai awal Adven?
·         Tuhan ingin kita tahu bahwa waktu kita terbatas , bahwa hidup kita dan sejarah itu sendiri akan berakhir .
·         Dia ingin kita mengetahui hal ini, karena dia ingin kita untuk menggunakan waktu kita yang terbatas dengan bijaksana , hidup sebagai orang Kristen sejati.
·         Yesus menganggap pelajaran ini  begitu penting shg Yesus menerangkan secara lebih dengan empat perumpamaan terpisah.

Yesus tahu betapa mudah orang bisa jatuh dalam perangkap (bahkan murid yg paling setiapun bisa jatuh) dengan berpikir bahwa kehidupan duniawi adalah tujuan , dan bukan hanya jalan . 

Di sini juga kita lihat sebagai tanda yang membedakan orang Kristen fakta bahwa mereka memiliki masa depan: itu bukan bahwa mereka tahu rincian apa yang menanti mereka, tapi mereka tahu secara umum bahwa kehidupan mereka tidak akan berakhir dalam kehampaan. 
Kehidupan manusia adalah sebuah perjalanan. Menuju tujuan apa? Bagaimana kita menemukan jalan? Hidup ini bagaikan sebuah perjalanan diatas lautan sejarah, sering gelap dan penuh badai, sebuah perjalanan dimana kita melihat bintang-bintang yang memandu rute. Bintang-bintang sejati dari hidup kita adalah orang-orang yang hidup dengan baik. Mereka adalah lampu harapan. Tentu saja, Yesus Kristus adalah terang sejati, matahari yang bersinar di atas semua bayang-bayang sejarah. 

7.Lilin sebagai contoh
Sekali waktu lilin kecil berdiri di sebuah ruangan yang penuh dengan lilin lainnya, kebanyakan dari mereka jauh lebih besar dan jauh lebih indah dari dia.
·         Ada yang dengan hiasan dan ada yang agak sederhana, seperti dirinya.
·         Ada yang putih, ada yang biru, ada yang merah muda, ada yang hijau.
·         Dia tidak tahu mengapa dia ada di sana, dan lilin lainnya membuatnya merasa agak kecil dan tidak berarti.
Ketika matahari terbenam dan ruangan mulai gelap, ia melihat seorang pria besar berjalan ke arahnya dengan korek api ditangan.
·         Dia tiba-tiba menyadari bahwa orang itu akan membakarnya dan menyalakannya.
·         "Tidak, tidak!" serunya, "Aaaaagghhh! Jangan membakar saya, plissss!"
·         Tapi dia tahu bahwa orang itu  tidak bisa mendengarnya, lalu ia siap2  untuk rasa sakit yang pasti akan dirasakannya.
·         Yang mengejutkan, ruangan kemudian dipenuhi dengan cahaya .
·         Dia bertanya-tanya dari mana asalnya karena manusia telah mematikan korek apinya.
·         Untuk menyenangkan dirinya, ia menyadari bahwa cahaya datang dari dirinya sendiri.
·         Kemudian pria itu menyalakan korek apinya, dan satu per satu dinyalakan lilin lain di ruangan itu. Masing-masing memberikan keluar cahaya yang sama yang dia lakukan.
Selama beberapa jam berikutnya, ia melihat bahwa, perlahan-lahan, lilinnya mulai mengalir .
·         Dia menyadari bahwa dia akan segera meninggal/mati.
·         Dengan kesadaran ini datang rasa/dan kesadarannya mengapa ia telah diciptakan. " Mungkin tujuan saya di bumi adalah untuk memberikan cahaya sampai aku mati , "ia merenung.
·         Dan itulah apa yang dia lakukan.

Setiap lampu Natal yang kita lihat selama Adven adalah pengingat bahwa kehidupan di bumi adalah jalan , itu adalah tugas , suatu misi - itu bukan tujuan.

8.Mengundang Seseorang ke Bahtera(terkait dengan Injil)
Kita tahu contoh lilin tadi. Kami percaya kepada Kristus, dan kita terus-menerus diingatkan akan kebenaran yang sangat penting bahwa kehidupan di bumi ini hanya jalan , bukan tujuan .
Itulah sebabnya mengapa kita dapat menemukan:
·         kekuatan di tengah-tengah kesulitan kehidupan  ,
·         berharap di tengah-tengah tragedi kehidupan tak terelakkan ,
·         dan keberanian di tengah-tengah pencobaan dan kegagalan .

Hari ini kita harus berterima kasih kepada Tuhan untuk karunia berupa pengetahuan akan hal ini, akan kepastian bahwa hidup kita dan sejarah itu sendiri keduanya memiliki tujuan , titik akhir - mereka pergi ke suatu tempat .
·         Tanpa pengetahuan ini, kita harus menciptakan makna kita sendiri dan kita dengan pengetahuan itu mampu memblokir pertanyaan tentang tujuan hidup.

Namun seperti apa yg dikatakan penyair TS Eliot:
Kita harus berterima kasih , tetapi kita juga harus membantu .

Ada orang-orang dalam kehidupan kita - teman, rekan kerja, tetangga, bahkan mungkin anggota keluarga - yang belum pernah memiliki pengetahuan ini , atau yang telah hilang .
·         Dan karena itu, mereka hidup dengan rasa frustrasi mendalam .
·         Mungkin banyak yg  tersembunyi , tetapi ada .
·         Selama musim Natal ada begitu banyak harapan di udara/dunia . semoga  mereka yang tidak memiliki harapan dapat menemukan frustrasi dan pus asa mereka berubah menjadi Harapan .

Pada masa Advent ini, mari kita berbagi Kabar Baik dan harapan

9.Memakai Perlengkapan Senjata Terang(terkait dengan Roma)
Kita tahu ini. Kita percaya kepada Kristus, dan kita terus-menerus diingatkan dari kebenaran yang sangat penting bahwa kehidupan di bumi ini hanya jalan , bukan tujuan .
Tapi pengetahuan iman ini , hanya langkah pertama .
Hal ini tidak cukup untuk mengetahui bahwa hidup ini adalah jalan, kita juga harus melakukan perjalanan jalan itu.
·         Dalam Perjalanan untuk tujuan sejati melibatkan usaha yang terus menerus untuk menjadi benar untuk identitas Kristen kita , untuk "mengenakan Tuhan Yesus Kristus," .
·         Sekarang adalah waktunya, ia menulis, untuk "membuang pekerjaan-pekerjaan  malam/ kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang. "
·         Karya-karya kegelapan adalah berbagai bentuk pemanjaan diri yang bisa mengalihkan perhatian kita dari tujuan kami.
·         Paulus merangkum mereka sebagai "pesta pora, mabuk-mabukan, pergaulan bebas, ketidaksopanan, persaingan dan iri."
Ini "keinginan daging", karena ia menyebut mereka, tidak jahat karena mereka secara fisik - Tuhan membuat kami tubuh, dunia, dan kemampuan kita untuk mengalami kesenangan , semua adalah hal yang baik .
·         Tapi mereka menjadi jahat ketika mereka mengambil kendali dari hidup kita.
·         Ketika kita menjadi hamba mementingkan diri sendiri dan memanjakan diri , kita menjadi seperti lubang hitam : berbalik pada diri kita sendiri, runtuh dan menghancurkan segala sesuatu yang datang ke lapangan kami gravitasi.
Tapi kita dipanggil untuk mengenakan perlengkapan senjata terang , menjadi seperti bintang yang terang ,
·         seperti matahari , membakar cinta kita kepada Allah dan sesama,
·         mencurahkan cahaya untuk semua orang di sekitar kita dengan mencari apa yang baik bagi mereka , sama seperti Kristus hanya mencari apa yang baik bagi kita .
Lilin Advent  adalah gambar dari misi yg dimiliki setiap orang Kristen selama Advent: untuk membakar diri kita memberikan cahaya dan kehangatan kepada orang di sekitar kita, dan kita lulus dengan api kita untuk mereka .
Itulah cara kita membuat kemajuan pada jalan kehidupan .



10.Advent ini Apakah Dimaksudkan untuk Berbeda
Kita harus  memandang Advent ini berbeda dari setiap lain Advent-adven yg lain (spt kita pernah jalani.)
Hal ini berbeda karena kita berbeda.
Pada tahun lalu, kita telah berubah . Kita memiliki satu tahun kehidupan yg telah kita lalui.
·         Mungkin itu adalah tahun yang penuh kesuksesan, kebahagiaan, dan uang banyak .
·         Mungkin itu adalah tahun yang penuh kegagalan dan dosa .
·         Mungkin itu adalah tahun penderitaan dan kesulitan .
Apapun yang terjadi selama tahun lalu, telah mempengaruhi kita. 
Kini Kami memiliki lebih banyak pengalaman , lebih pengetahuan , dan, kami berharap, lebih sedikit kebijaksanaan dan lebih cinta kepada Allah dan sesama.
Akibatnya, ketika kita mengalihkan perhatian kita sekali lagi untuk Advent, dengan tiga kedatangan Kristus : pertama, 2013 tahun yang lalu; terakhirnya, suatu saat dalam waktu, dan satu nya yang sedang berlangsung, melalui kasih karunia-Nya, pemeliharaan-Nya, mari kita mengalihkan perhatian kita untuk ketiga kedatangan Kristus, kita akan melihat sesuatu yang baru , sesuatu yang berbeda .
Yesus Kristus adalah Allah. 
·         Dia adalah kekuatan, kebaikan dan kebenaran yg tak terbatas.
·         Kita tidak pernah bisa mengenalnya sepenuhnya .
·         Dia adalah Harta karun yg tiada  habis-habisnya.
·         Karena pengalaman hidup kita selama tahun lalu, kita sekarang siap untuk menemukan aspek baru dari harta ini, tingkat makna yg baru, kebijaksanaanyg baru, kekuatan dan sukacita yg baru.

Pemeliharaan Allah telah mempersiapkan kita selama setahun terakhir ini, sehingga kita sekarang bisa belajar hal-hal tentang Allah dan rencana penyelamatan-Nya bahwa ia tidak menunjukkan kepada kita sebelumnya, karena kita belum siap.
Semua tiga dari kedatangan Kristus memiliki tujuan yang sama: untuk membangun kembali dan memperdalam persahabatan kita dengan Allah .
Dia melihat ke depan, membuat itu terjadi , untuk memperdalam persahabatan kita dengan dia, dalam beberapa minggu adven mendatang.


11.Mengunjungi Monumen
Salah satu dari banyak hal yang luar biasa yang Anda perhatikan ketika Anda melakukan perjalanan adalah berapa banyak keakraban keturunan yg jatuh pada ketidakpedulian .
·         Ketika kami mengunjungi salah satu kota-kota besar dunia, seperti Florence atau Paris, misalnya, sebagai peziarah, atau bahkan turis, kami sangat tersentuh oleh keindahan gereja-gereja kuno, monumen, dan karya seni.
·         Anda akan berpikir bahwa orang-orang yang benar-benar tinggal di tempat-tempat akan memiliki lebih besar pengetahuan dan apresiasi atas harta yang mengelilingi mereka, karena mereka melihat mereka begitu sering .
·         Bahkan, namun, jika Anda mengambil waktu untuk bertanya kepada mereka , Anda sangat cepat menemukan bahwa dalam banyak kasus, seorang turis atau peziarah yang telah menghabiskan satu minggu di sana telah melihat lebih dari harta kota daripada penuh-waktu penduduk !
·         [Jika Anda memiliki pengalaman pribadi ini, Anda dapat berbagi.]
·         Betapa tragisnya! Mereka yang memiliki kesempatan terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari harta mereka begitu sering benar-benar peduli kepada mereka!

The Hal yang sama dapat terjadi pada kita sebagai umat Kristen, dalam spiritual.
·         Kita bisa menjadi begitu akrab dengan karya-karya Tuhan dan kebenaran yang ia telah menunjukkan kepada kita, bahwa kita lupa betapa indah ,menakjubkan , dan menakjubkan mereka sebenarnya.
·         Anda sering mendengar katanya, pada kenyataannya, bahwa mengubah membuat Katolik terbaik - justru karena mereka mampu melihat keindahan dan nilai iman kita dengan segar mata.
Adven adalah undangan Gereja memberi kita untuk menyegarkan visi kami dari indah hal yang Tuhan telah lakukan, lakukan, dan akan dilakukan.    
Bacaan I: Yesaya 2:1-5
2:1 Firman yang dinyatakan kepada Yesaya bin Amos tentang Yehuda dan Yerusalem. 

2:2 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, 

2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem." 

2:4 Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang. 

2:5 Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN! 
Mazmur 122
122:1 Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: "Mari kita pergi ke rumah TUHAN." 

122:2 Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem. 

122:3 Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat, 

122:4 ke mana suku-suku berziarah, yakni suku-suku TUHAN, untuk bersyukur kepada nama TUHAN sesuai dengan peraturan bagi Israel. 

122:5 Sebab di sanalah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga raja Daud. 

122:6 Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa. 

122:7 Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu!" 

122:8 Oleh karena saudara-saudaraku dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: "Semoga kesejahteraan ada di dalammu!" 

122:9 Oleh karena rumah TUHAN, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu. 
Bacaan II: Roma 13:11-14
13:11 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya. 

13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang! 

13:13 Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. 

13:14 Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya. 
Bacaan Injil: Matius 24:36-44

24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." 

24:37 "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 

24:38 Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, 

24:39 dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 

24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 

24:41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 

24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 

24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 

24:44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga." 

Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009