Komisi Warga Dewasa Klasis Salatiga Bagian Utara Jl.Anggrek III/1 Ambarawa

Komisi Warga Dewasa
Klasis Salatiga Bagian Utara
Ambarawa, 10 November 2013

Komisi Warga Dewasa
Klasis Salatiga Bagian Utara
Jl.Anggrek III/1 Ambarawa
1.Sekilas Sejarah KWD KSBU
Bermula dari akta sidang Klasis Salatiga IX di GKJ Wonorejo pada tahun 1986 yang memutuskan hal pembentukan Komisi Wanita Klasis. Sejak itu di Klasis Salatiga ada kegiatan untuk para wanita dilingkup Klasis Salatiga. Oleh karena itu kemudian Klasis Salatiga melalui Deputat Kesaksian Pelayanan membentuk kepengurusan KWK.
Dalam perkembangannya karena waktu itu dirasa jarak antar gereja cukup jauh dan keterbatasan alat transportasi maka kegiatan KWK dilakukan berdasarkan per-rayon/wilayah. Maka dibentuklah kegiatan KWK klasis dalam 3 wilayah. Wilayah 1 meliputi GKJ Salatiga dan GKJ Salib Putih, Wilayah II meliputi GKJ Wonorejo dan GKJ Nalen dan Wilayah III meliputi GKJ Ambarawa dan GKJ Ngampin. Dalam perkembangannya Wilayah III  yang masih tetap dapat menjalankan kegiatan kebersamaan atas nama KWD Wilayah III (dengan bertambah satu Gereja yaitu GKJ Bandungan).    
Keberlangsungan kegiatan Wilayah III ditopang oleh kedekatan kultur (sebagai gereja pinggiran), sementara wilayah yang lain tidak dapat berjalan karena intesitas kegiatan Komisi Wanita di gereja masing-masing sudah terbilang cukup baik.
Selanjutnya seiring dengan pendewasaan GKJ Tuntang Barat, keanggotaan KWD wilayah III bertambah menjadi 4 anggota. Dan setelah Persidangan Klasis KSBU IV akhirnya disadari adanya kebutuhan bahwa keberadaan Wilayah III perlu diperluas dengan melibatkan seluruh anggota klasis yang ada (yakni 7 gereja, tahun 2008 Klasis Salatiga sudah berbiak menjadi KSBU dan KSBS). Sekarang ini KWD Wilayah III sudah berubah nama menjadi KWD KSBU dengan anggota:
1.GKJ Salatiga
2.GKJ Salatiga Utara
3.GKJ Tuntang Timur
4.GKJ Tuntang Barat
5.GKJ Bandungan
6.GKJ Ngampin
7.GKJ Ambarawa

2.Kepengurusan KWD KSBU
Kepengurusan KWD KSBU diteguhkan oleh Bidang PWG KSBU di GKJ Ambarawa pada bulan 31 Mei 2013. Dengan susunan pengurus sebagai berikut:
Ketua: Ibu Elok sekarwati
Sekretaris: Ibu Nugraheni Suprihati
Bendahara: Ibu Kristianingsih
Koordinator-koordinator gereja:
1.GKJ Salatiga: Ibu Rini
2.GKJ Salatiga Utara: Ibu Bambang
3.GKJ Tuntang Timur: Ibu Eliana S
4.GKJ Tuntang Barat: Ibu Erna
5.GKJ Bandungan: Ibu Sri Handayani
6.GKJ Ngampin: Ibu Suyati
7.GKJ Ambarawa: Ibu Ernawati

3.Kegiatan KWD KSBU
Kegiatan kebersamaan yang sudah menjadi kegiatan rutin KWD KSBU adalah:
1.Ibadah Padang
2.Ibadah Paskah
3.Ibadah Hari Doa Sedunia
4.Ibadah Natal.

Keempat kegiatan ini diselenggarakan dengan cara bergilir. Artinya setiap anggota KWD bergantian sebagai tuan rumah (Gereja penghimpun) kegiatan. Hal ini bertujuan untuk lebih mengakrabkan dan perkunjungan ke tiap-tiap anggota KWD KSBU. Demikian juga dalam hal kepengurusan ada sistem giliran. Sehiingga terjadi pemerataan tanggungjawab.
Untuk tahun selanjutnya selain empat kegiatan rutin di atas, akan dikerjakan  rencana kegiatan sebagai berikut:
1.Membuat seragam pengurus.
2.Retreat.
3.Penyuluhan Kesehatan.
4.Pelatihan Ketrampilan.


Demikian sekilas keberadaan KWD KSBU IV.  Semoga paparan di atas menjadi bahan informasi untuk kita semua.

Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009