Bahan Pemahaman Alkitb Gereja Kristen Jawa Ambarawa Tanggal 17/19 Nopember 2009

Bahan Pemahaman Alkitb
Gereja Kristen Jawa Ambarawa
Tanggal 17/19 Nopember 2009

Berjaga Menyambut Kedatangan-Nya
Bacaan: Daniel 12:1-3; Mazmur 16; Ibrani 10:11-25; Markus 13:1-8

Pengantar
Penyempurnaan keselamatan yang kita terima dari karya Yesus masih akan terjadi pada saat Kristus datang yang kedua kali. Panggilan untuk kita adalah bagaimana kita harus tetap memelihara keselamatan yng sudah kita miliki. Mengingat godaan dan tantangan yang ada maka hanya ada satu hal yang harus kita miliki : Tetap setia. Setia yang diwujudkan dalam kewaspadaan untuk selalu berjaga-jaga.

Daniel 12:1-3
Bagian ini berbicara tentang akhir jaman. Pada saat itu orang yang setia akan dibangkitkan dan mendapatkan hidup yang kekal. Sementara itu mereka yang telah banyak melayani akan bercahaya seperti bintang-bintang. 

Mazmur 16
Berisi tentang doa permohonan agar mendapatkan perlindungan dan menerima kekuatan dalam mengikut Tuhan. Mazmur ini juga mengungkapkan keyakinan bahwa Tuhan akan senantiasa berdiri di sebelah kanan orang percaya sehingga orang percaya tidak bakal goyah. Itulah sebabnya orang percaya patut senantiasa bersukacita dan merasa tenteram.
 
Ibrani 10:11-25
Ajakan kepada jemaat agar tetap teguh dalam pengharapan.  Hidup bersama dalam persekutuan hendaknya juga dipakai sebagai sarana untuk saling menguatkan dengan cara saling menasehati dan menopang. Sebab kedatangan Kristus yang kedua adalah kedatangan yng penuh kemuliaan. Itulah sebabnya waktu yang tersedia hendaknya dipakai oleh jemaat untuk mempersiapkan diri dalam kemuliaan Kristus.

Markus 13:1-8
Ayat 1-2 berisi tentang nubuatan Tuhan Yesus bahwa Bait Suci di Yerusalem yang saat itu berdiri kokoh dengan megahnya, akan roboh dan tidak ada bekasnya lagi. Tentang robohnya Bait Suci terjadi pada tahun 70 Masehi saat Romawi membumihanguskan Yerusalem akibat adanya pemberontakan yang dilakukan oleh orang Yahudi. Nubuatan ini memiliki arti bahwa meskipun Yerusalem merupakan kota Allah dan Bait Suci diyakini sebagai tempat Allah berdiam, namun jika Israel tidak setia dan taat kepada Allah, Allah tidak akan menyayangkan Yerusalem dan Bait Suci yang ada di dalamnya.

Ayat  3-4
Nubuatan Tuhan Yesus tentang Bait Suci membuat para murid terkejut. Sebab para murid juga percaya bahwa Bait Suci adalah simbol dari kehadiran Allah. Oleh karena itu para murid bertanya lebih lanjut tentang kapan hal itu akan terjadi. Dan apa tanda-tandanya bila hal itu akan terjadi?

Ayat 5-6
Dalam kesempatan itu Tuhan Yesus menasehati para murid agar tetap waspada. Akan bermunculan penyesat yang mencoba menyesatkan para murid sehingga para murid bisa jatuh dalam ketidaksetiaan. Para penyesat itu akan mengaku sebagai mesias tapi sebenarnya mereka adalah nabi-nabi palsu. Perhatian para murid jangan pada aneka jenis tanda yang menyertai datangnya akhir jaman. Fokus para murid harus pada upaya untuk tetap berjaga-jaga dan waspada.

Pertanyaan untuk diskusi:
1.Menurut saudara hal-hal apa saja yang dapat menjadi penyebab orang tidak dapat setia kepada Tuhan?
2.Apa ukuran bahwa orang dapat dikatakan setia dan tidak setia?
3.Apa yang harus dilakukan supaya kita tetap setia?
4.Apa fungsi persekutuan bagi kesetiaan orang percaya?
5.Apa hasil dari sebuah kesetiaan? 

Postingan populer dari blog ini

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bp Suwondo

Tata Ibadah Bidston Syukur Keluarga Bpk/Ibu Karep Purwanto Atas rencana Pernikahan Sdr.Petrus Tri Handoko dengan sdr.Nining Puji Astuti GKJ Ambarawa, 3 Mei 2013

LITURGI ULANG TAHUN PERKAWINAN KE 50 BP.SOEWANTO DAN IBU KRIS HARTATI AMBARAWA, 19 DESEMBER 2009